Arti Sebuah Senyum...

12.30 wib. Kelapa Dua – Pos Pengumben. Toko Kue Bengawan Solo. Siang ini aku mampir ke toko kue langgananku. Tempatnya deket banget sama rumah. Aku kesana karena harus beli untuk konsumsi rapat bosku siang ini. Biasa deh tugas sekretaris. Terus aku parkir di halaman toko kue yang keliatannya kok udah mulai berubah tempat. Agak ragu – ragu juga aku masuk ke dalamnya, tapi nama toko kuenya kok sama ya? Sebenernya aku males banget masuk dan beli kue di toko itu, tau ga kenapa? Karena hampir semua pelayan di toko kue itu ‘bermuka masam’ alias pelit senyum. Ugghh..nge-betein banget deh. Kalo bukan karena letaknya deket rumah dan sekalian lewat kalo mau ke kantor, iihhh…ogah banget deh mampir. Anehnya toko itu selalu rame pembeli. Yah pastinya alasannya sama denganku. karena deket rumah, harga kue yang murah dan enak. Tapi nih…tapi…., siang ini aku dikejutkan sesuatu yang sebelumnya gak aku bayangin sama sekali. Toko yang sekarang bertambah luas dan jadi banyak macem dagangannya termasuk mie ayam, soto khas lamongan, dan makanan khas daerah Jawa lainnya, eee.. ada yang berubah lho…! Pelayan tokonya sekarang full senyum. Alhamdullillah. Baru kali ini aku di senyumin sama mbak Lastri. Hmm…senyumnya manis juga. Jadi seneng ngeliatnya. Eeh..mbak Rini dan mba Sri juga ikutan senyum dan mengangguk kecil kepadaku. Aku jadi agak takjub juga. Wah ada apa nih? Kenapa semua jadi berubah begini? Apa karena hikmah Ramadhan kemarin? Atau peringatan dari manajemen toko yang baru bahwa melayani pelanggan harus dengan senyum? Wallahu’alam. Yang jelas, setelah meninggalkan toko itu, sambil nyetir ke arah kantor aku juga jadi ikutan senyum – senyum sendiri. Dan masih terbayang jelas sampe sekarang senyum manisnya mbak Lastri yang biasa melipat mukanya jadi 12, huehehee. Ternyata arti sebuah senyum itu bisa menyenangkan orang lain ya? Membuat hati orang menjadi senang dan berjanji akan datang kembali ke toko itu. Selain itu SENYUM itu berarti BERAMAL juga untuk orang kan?. Tuh kan..dapet pelajaran lagi hari ini? Alhamdullillahirobbil ‘alamiin.. “ Dan orang – orang yang beriman dan mengerjakan amal – amal shaleh, sesungguhnya akan kami tempatkan mereka pada tempat – tempat yang tinggi di dalam syurga, yang mengalir sungai – sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. Itulah sebaik – baik pembalasan bagi orang – orang yang beramal (58) ; (yaitu) yang bersabar dan bertawakal kepada Tuhannya (59) “ (QS. Al Ankabuut : 58 – 59)

1 comment:

Anonymous said...

Senyum..... suatu hal yang kecil dan dianggap sepele, namun betapa besarnya manfaat dan pengaruh senyum pada semua sisi kehidupan kita....
Btw, disamping kanan bendera negara mana ya?

adyn