Just want to share : “Sodaqoh 2000perak Diganti Cash 300rb+lunch gratis!”

Office. 12:26 PM. Mei 22nd 2008. Bz!
Selama diperjalanan menuju kantor, pikiran saya masih melayang – layang pada episode yang terjadi dalam hidup saya. saya teringat real story sahabat saya, Bang Gaw (Bayu Gautama : http://gawtama.multiply.com/) tentang keikhlasannya bersodaqoh untuk Rumah Allah disaat di kantong celananya hanya tersisa uang 1500, dan beliau saat itu lagi ‘cekak’. Tapi pada esok harinya, Allah mengganti sodaqohnya lebih dari yang di sodaqohkan kemarin. Saat itu saya berpikir, “masa iya sih?”

Tapi kali ini hal menakjubkan itu terjadi pada saya pagi ini. Dan Insha Allah hal ini saya ceritakan bukan bermaksud riya’ (semoga Allah melindungi saya dari perbuatan riya’ dan menyombongkan diri).
Ketika saya sedang menyapu halaman rumah, seperti biasa pasti ada pengemis atau seseorang yang datang untuk meminta sumbangan. Kali ini ada seseorang laki – laki memakai kopiah haji dan berpakaian gamis sambil membawa kotak sumbangan masjid memberi salam kepada saya,”salam’alaykum...”. Saya menjawab salamnya sambil melirik. “sodaqohnya bu...” ujarnya lagi. Saya tersenyum kearahnya ,”sebentar ya pak...” kemudian saya masuk kedalam. Refleknya yang saya cari – cari uang lembar – lembaran uang ribuan (hihi...padahal emang lagi bokek, tinggal segitu – gitunya!maklum tanggal tua nih...).
Saya kembali teras depan rumah dan seraya mengucapkan basmallah saya masukan uang itu kedalam kotak sumbangan yang disodorkan, laki – laki itu mengangguk tersenyum seraya mengucapkan ,”Alhamdulillah...Jazakumullah Khairan Katsiro...” (Segala Puji Bagi Allah, Semoga Allah membalas kebaikanmu dengan kebaikan yang lebih banyak pula).
Saya tertegun,”Amiin...waiyyakum” jawab saya tersenyum. Wah...alhamdulillah, pagi – pagi sudah ada orang lain yang mendoakan saya. Lalu saya berpikir, episode pagi itu selesai.
Subhanallah, ternyata episode tadi masih ada kelanjutannya, ketika saya bingung bahwa hari ini tidak punya uang untuk makan siang nanti di kantor, tapi gak disangka – sangka ditengah kebingungan saya, Allah mengganti cash sodaqoh saya saat itu sebanyak 300rb (gak bisa saya ceritakan ya dari mana uang itu berasal, hanya saja saya yakin itu semua dari Allah).
Trus siangnya di kantor di traktir makan siang gratis oleh atasan saya. Wiiiii....Alhamdulillah... !
Allah Maha Pemurah kan? Coba yah kalo dipikir – pikir, uang 2000 perak yang saya sumbangkan tadi kan sebenernya milik Allah, kemudian saya kembalikan lagi kepada Allah...eeh oleh Allah diganti lagi lebih banyak, plus-plus lagi. Subhanallah...
Well, peoples...masih ada yang ragu – ragu untuk ber-sodaqoh dan menjadi 'cashier' Allah?

Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya[1456]. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar” (QS.Al-Hadiid : 7)
[1456]. Yang dimaksud dengan menguasai di sini ialah penguasaan yang bukan secara mutlak. Hak milik pada hakikatnya adalah pada Allah. Manusia menafkahkan hartanya itu haruslah menurut hukum-hukum yang telah disyariatkan Allah. Karena itu tidaklah boleh kikir dan boros.

Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman: "Hendaklah mereka mendirikan shalat, menafkahkan sebahagian rezki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi ataupun terang-terangan sebelum datang hari (kiamat) yang pada bari itu tidak ada jual beli dan persahabatan” (QS. Ibrahim : 31)

4 comments:

Anonymous said...

Yup. bersedekahlah dengan Ikhlas, karena Allah akan melipat gandakan rejeki anda,percayalah. Apalagi bagi orang yang menyantuni yatim piatu, mempunyai anak anak angkat dan memeliharanya seperti anaknya sendiri, rejekinya akan mengalir seperti air dan akan turun laksana hujan.

Ummu Nabil said...

Sungguh....saya baru menyadarinya...Allah Maha Luas akan rizki-NYA...

arek medhioen said...

Alhamdulillah, aku juga sering mengalami hal-hal seperti itu.

Alloh memang Maha Kaya dan Pemurah.

Nurulhaq said...

Sifat pemurah sangat dikasihi oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW. Bahkan dikasihi juga oleh semua orang.
Firman Allah SWT:
Maksudnya:
“Belanjakanlah (hartamu) pada jalan Allah dan janganlah kamu jatuhkan dirimu ke dalam kebinasaan dan berbuat baiklah. Sesungguhnya Allah mengasihi orangorang yang berbuat baik.”
(Al Baqarah: 195)

Sabda Rasulullah SAW:
Maksudnya:
“Orang yang pemurah itu dekat dengan Allah, dekat dengan manusia dan dekat dengan Syurga, tetapi jauh dari Neraka.”