My View About 'Iron Man' Movie

Mei 2008. MTA. On the evening

In The Name of Allah, Most Gracious-Most Merciful. Sholawat dan Salam semoga selalu tercurah kepada Baginda Rasulullah SAW beserta keluarga dan para sahabatnya. Just arrived at home. Saya hanya mencoba sedikit sharing dan menyampaikan pandangan tentang film yang baru aja saya dan keluarga tercinta saya tonton. Title-nya 'Iron Man'. To be honest, saya hanya ingin bersantai bersama keluarga dan buah hati saya, dan tadinya menganggap film itu adalah 'hanya' film anak-anak belaka, dan tidak ingin menilai ada misi tertentu dalam film itu. Tapi ketika mulai memasuki adegan pertama, dimana diceritakan ada beberapa pasukan Amerika di sebuah negara Afganistan, saya jadi mulai serius meneliti setiap adegan dalam film itu. Jadi ceritanya nih, Sang Iron Man, yang bernama Tony, adalah seorang pencipta senjata dan bahan peledak tercanggih yang berlabel 'Spark' ini berasal dari negeri Uncle Sam. Si Tony bersama sang pasukan tiba-tiba diserang dan disandera oleh sekelompok pasukan perang dari Afganistan. Singkatnya, Si Tony dimasukan ke dalam sebuah penjara bawah tanah bersama seorang kafir yang menyelamatkan nyawanya. Selama di penjara Si Tony dipaksa untuk membuat sebuah Bom Perang, dimana bom itu akan digunakan oleh pasukan Afganistan untuk menyerang pasukan Amerika. Tapi jadinya si Tony malah bikin baju robot yang dia gunakan dan nantinya di sebut sebagai 'Sang Iron Man'. Si Iron Man yang berasal dari Amerika itu tiba-tiba menjadi penyelamat nyawa masyarakat Afganistan yang tertindas oleh pasukan penghianat perang Negaranya sendiri. Aaaarrgggh....! sampe situ saya sudah tau maksudnya. Saya berharap anda pun akan cepat tau maksudnya. It means Tentara Negara Islam pecundang, bodoh dan merupakan sekelompok teroris yang berperan ganda menjadi penghianat bangsa dan tidak ber-prikemanusiaan. Wew!!!! Dalam cerita itu seolah dibolak-balik, bahwa sesungguhnya Amerika-lah penyelamat dunia! Pembodohan masyarakat awam. Grrrrhhh.....gemes banget deh liatnya! Padahal??? Ooo please, we already know what they do with Jundi-jundi Allah dan Negara Islam. Well it just my view bout that movie, kalo anda penasaran nonton aja lewat DVD bajakan,hehehe...biar Amrik-nya gak nambah kaya. (oops! salah ya?).Hehehe.. So, how about ur view? Mohon maaf bagi yang kurang berkenan. Sesungguhnya jika ada kesalahan dan kekurangan semata-mata adalah dari diri saya sendiri sedangkan Kesempurnaan itu milik Allah. Fastabiqul Khairaat...

28 comments:

Anonymous said...

Pada kenyataannya, segalanya dalam peran Amerika bukan ? ya polisi dunia, ya penyelamat dunia, ya pecundang dunia... dan pada kenyataannya memang "tentara islam" berlaku teroriskan, berlaku bodoh kan, islam sama islam berantem kan. mau menutup mata ?

Ummu Nabil said...

Nda menutup mata, semuanya sudah jelas ada didalam kekhawatiran Rasulullah SAW ttg ummatnya di akhir jaman. Ummat islam bagaikan buih di laut ,banyak, tapi 'nol'. saya kira ini tugas kita bersama untuk menjaga Islam agar tidak nol bagaikan tong kosong nyaring bunyinya.

Anonymous said...

Menjaga Islam agar tidak nol bagaikan tong kosong nyaring bunyinya. Cara menjaganya bagaimana ?

Ummu Nabil said...

Dimulai dari diri sendiri kali ya...

Anonymous said...

:) kali juga...

Nurulhaq said...

Bila sebut kuasa besar dunia, tentu kebanyakan orang akan berkata Amerikalah kuasa besar dunia. Kita tengoklah senario dunia hari ni, Amerika tidak segan silu lagi menunjukkan kuasanya. Semua negara nak dikontrolnya. Apa yang dia buat kepada Iraq, Iran, Afghanistan, semuanya di luar batas peri kemanusiaan bahkan di luar batas peri kebinatangan sekalipun! Apatah lagi di sisi masyarakat antarabangsa. Semua orang sudah berbulu mata melihat tindak-tanduk Amerika. Tapi apa nak buat kan, masing-masing negara terpaksa tunduk kerana takut dengan ugutan dan tekanan Amerika.

Tapi... barangkali ada juga yang menjawab Israel itulah kuasa besar dunia sekalipun negaranya kecil saja. Yahudilah ‘man behind the curtain’ yang mengkontrol semua negara di dunia termasuk Amerika.

Apa-apa pun jawapannya, tentulah jawapan yang paling tepat adalah jawapan dari Tuhan. Apa tidaknya, Tuhan yang anugerahkan kuasa itu. Sudah tentulah Tuhan tahu kepada siapa Dia serahkan kuasa dunia ini.

Sebenarnya di sisi Tuhan, ada dua golongan saja yang diberi kuasa mengatasi golongan-golongan lain. Dua golongan itu ialah:
1. Golongan kafir
2. Golongan orang bertaqwa.

Selain dari dua golongan ini tidak ada golongan lain yang dizinkan Tuhan untuk menguasai dunia ini.
Jangan pening kepala pulak. Mari kita analisa betul-betul.
Dalam dunia ini sebenarnya ada tiga golongan sahaja, iaitu:
1. golongan kafir
2. golongan orang bertaqwa
3. golongan orang Islam biasa ataupun kaum muslimin

Dalam sejarah, Tuhan gilir-gilirkan kuasa hanya kepada dua golongan, iaitu golongan kafir dan golongan bertaqwa. Tak pernah Tuhan serah kuasa kepada orang Islam biasa.

Allah sendiri tidak ada memberi apa-apa jaminan atau menjanjikan apa-apa pertolongan atau kemenangan kepada orang-orang Islam. Akan tetapi Allah banyak menjanjikan pertolongan dan kemenangan kepada orang-orang yang bertaqwa seperti dalam firman-Nya yang bermaksud:
“Allah pembela bagi orang-orang yang bertaqwa.”

Firman-Nya lagi yang bermaksud:
“Akan Aku wariskan bumi ini kepada orang-orang yang bertaqwa.”

Demikianlah kata-kata Tuhan di dalam Al Quran. Kata-kata Tuhan bukan macam kata-kata kita. Tuhan tak main-main. Sebab itulah tak pernah dalam sejarah umat Islam menguasai dunia. Hanya umat Islam bertaqwa yang diberi kuasa. Sekiranya tidak ada umat yang bertaqwa, sebaliknya yang ada hanyalah orang Islam biasa (ertinya tak bertaqwalah), maka Tuhan akan serahkan kuasa dunia ini ke tangan orang kafir.

Anonymous said...

Defini Kafir itu apa sih ?
( Tolong jelasin ya NurulHaq )
Menurut aku, ada satu golongan lagi yang membuat umat islam terseok seok ( umat ya, bukan islam nya )...

yaitu : GOLONGAN ORANG ISLAM YANG MUNAFIK !!!...
golongan inilah yang membuat umat terpecah belah... dan dari golongan munafik ini punya sub golongan lagi, yaitu orang yang merasa paling benar, orang yang "dirumahnya tidak ada cermin" dan sub golongan orang fanatik tetapi tidak menggunakan anugerah terbesar dari Allah, yakni Otak !!

Nurulhaq said...

Kafir, berasal dari kata dasar yang terdiri dari huruf kaf, fa' dan ra'. Arti dasarnya adalah "tertutup" atau "terhalang". Secara istilah, kafir berarti "terhalang dari petunjuk Allah". Orang kafir adalah orang yang tidak mengikuti pentunjuk Allah SWT karena petunjuk tsb terhalang darinya. Kafir adalah lawan dari iman. Dalam Quran terutama surah an-Nuur, Allah SWT menganalogikan kekafiran dengan kegelapan, dan keimanan dengan terang benderang, serta petunjuk (huda) sebagai cahaya.
Kategorisasi manusia dalam hal mensikapi petunjuk dari Allah SWT memang hanya dua: Bertaqwa dan Kafir (lihat surah Al-Baqarah ayat 2 sd 6). Dan kelompok kafir sendiri ada beberapa macam lagi, misalnya menurut sikap terhadap kitab-kitab yang pernah diturunkan: ada "Ahli Kitab" dan ada "Musyrikin" (lihat surah Al-Bayyinah). Sementara dalam hal kesadaran mereka terhadap kebenaran adapula kategori "fasik", yaitu mereka yang sudah faham mana yang benar dan mana yang salah tapi tetap saja melakukan kerusakan (Al-Baqarah ayat 26 dan 27).
Diantara orang yang mengaku beriman sendiripun ada orang-orang yang ingin menipu Allah dan ingin menipu orang-orang beriman lainnya, yaitu mereka pura-pura iman padahal mereka ingkar ... mereka disebut kaum "munafik" (Al-Baqarah ayat 8 sd 20).

Anonymous said...

I see I see, tetapi saya lebih percaya orang kafir yang baik, yang peduli dengan sesama, lebih berpelung masih surga, dari pada orang Islam yang munafik... Wallahhu’alam bisawab

Nurulhaq said...

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ اتَّقِ اللهَ وَلاَ تُطِعِ الْكَافِرِيْنَ وَالْمُنَافِقِيْنَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلِيْمًا حَكِيْمًا . وَاتَّبِعْ مَا يُوْحَى إِلَيْكَ مِنْ رَبِّكَ إِنَّ اللهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرًا . وَتَوَكَّلْ عَلىَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ وَكِيْلاً
“Hai Nabi, bertakwalah kepada Allah dan janganlah menuruti (keinginan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui [33:1]

Ummu Nabil said...

bahahaha..anonymous, pan udah di bilang yak, org kafir jauh dr petunjuk Allah, kita aja yg kgk kafir, blm tentu dijamin sorga,apalagi kafir???
yakin bener bakal masuk sorga, udah jelas Firman Allah, dosa apapun bagi hamba-NYA diampuni, cuma satu kalo dia menduakan Allah,brarti kan yg kafir yg menduakan Allah bukannya?

Anonymous said...

He He He He . Dalam kehidupan nyata, aku sering menemukan orang kafir yang lebih islami dari orang islam sendiri. dan aku juga sering menemukan orang islam yang lebih kafir dari orang kafir itu sendiri.

Anda berdua tahu bukan, bagaimana najis dan haramnya seekor anjing ? Binatanga yang segitu dianggap najis dan haram saja, ada yang masuk surga !! Apalagi manusia Makluk yang paling mulia ciptaan Allah.

Anda bersentuhan dengan anjing, harus mencuci bagian tersebut 7 kali, anda kalau bersentuhan dengan orang kafir, juga mencuci bagian tersebut 7 kali ??

Artinya kalau anjing saja ADA yang masuk surga, masa orang kafir TIDAK ADA yang masuk surga ?

Tolong dibedakan, antara kafir dengan musuh Islam .... apa yang anda kenakan sehari hari, apa yang anda gunakan sehari hari, sebagian besar adalah produksinya orang yang kalian anggap kafir itu !!

makanya aku bilang, fanatik boleh, tapi pakai brain ya...

Mohon dijawab bila berkenan : orang orang pedalaman nun jauh di tengah hutan belantara yang tidak diperkenalkan dengan ajaran agama yang kita anggap ajaran yang paling, apakah mereka itu orang kafir yang PASTI tidak masuk surga ??

Allah itu Maha Adil, kita saja kalau tidak terlahir dari keluarga Islam, belum tentu beragama Islam kok.

Sekali lagi, ada orang kafir yang lebih islami dari orang islam, ada orang islam yang lebih kafir dari orang orang yang dikatakan orang islam adalah orang kafir .

Anonymous said...

Tambahan dikit buat Ummunabilkhan, aku ingin tanya : tulisan anda diatas, anda beranggapan kafir itu selalu menduakan Allah ? Hi hi hi hi....

Nurulhaq said...

This is my final reply to you !!!

Maksud firman Allah: “Dan tinggalkanlah orang-orang yang jahil itu.” (Al-A’raaf:199)

Apa maksudnya anjuran Tuhan itu agar kamu tinggalkan atau berpaling daripada orang-orang jahil?

1. Orang jahil itu suka berdebat dan memperkecil-kecilkan ilmu kamu. Malah tidak akan sampai pemikirannya terhadap ilmu kamu itu. Orang seperti ini bukan hendak mencari kebenaran tetapi sekadar mahu menguji kamu. Mereka sekadar mahu berlawan cakap dengan kamu. Hingga kamu pun melayan mereka dan terbawa-bawa dengan cara mereka. Mereka nyata merosakkan kamu. Walhal, Rasulullah sudah berpesan: “Tidak akan sesat sesuatu kaum setelah mendapat petunjuk melainkan mereka itu suka bermujadalah (bertikam lidah).” Maka, wajarlah mereka itu kamu jauhi kerana mengambil jalan selamat daripada terikut-ikut dengan cara mereka.

2. Bilamana kamu sampaikan kepada orang-orang jahil itu tentang kebenaran, maka mereka sombong dengan kejahilannya dengan tidak mahu menerima kebenaran. Malah sesetengah mereka menjadi penentang kamu. Maka, tolaklah penentangan mereka dengan cara yang baik. Allah menjadi saksi yang kamu sudah menyampaikan. Malah Allah menegaskan dalam firmanNya, “kamu sesekali tidak dapat memberi hidayah kepada mereka tetapi Allah-lah yang memberi hidayah.”

3. Orang jahil itu jika terus-terusan bersamamu, akan menjadikan kamu sama dengan mereka. Maka tinggalkanlah kelompok kejahilan itu dengan berhijrah kepada pengkayaan ilmu pengetahuan. Carilah guru yang boleh menjadikan kamu ‘alim (berilmu). Malah duduk-duduk kamu dengan orang soleh atau orang ‘alim itu boleh mendatangkan berkat dan rahmat kepada kamu. Kamu duduk dengan orang wangi setidak-tidaknya kamu turut dicium baunya sebagai wangi. Jika kamu meneliti hadis, “seseorang itu mengikut seperti agama temannya”, maka patutnya kamu lebih cemas dan bimbang duduk-duduk dengan orang jahil.

Begitulah kedudukannya terhadap orang jahil itu. Memang menjadi tugas kamu jika kamu itu berilmu maka kamu dekati mereka dan bawa mereka keluar daripada kejahilan mereka. Bawa mereka kepada kebenaran, tentang Tuhan dan syariat Tuhan. Jika kamu tidak mampu dan kamu bukan orangnya, maka tinggalkanlah mereka sepertimana anjuran Tuhan itu. Itulah yang lebih baik bagi kamu.

Anonymous said...

Semoga ini juga Last Reply di sini, for ente .
mungkin aku jahil, tetapi tidak pernah menganggap kecil pengetahuan atau ilmu orang lain, aku cuma ingin keseimbangan antara kenyataan dengan pelajaran, itu saja.
dan berharap kepada diri saya sendiri dan orang lain bila berkanan, untuk tidak gampang menyebut seseorang dengan kata "kafir", karena kenyataannya orang kafir versi penalaran anda itu, banyak juga yang berkelakuan islami.

dan satu hal, di sini ( Di Indonesia) entah kalau ditempat anda berpijak, disini tidak berlaku hukum islam, yang berlaku hukum negara, anda harus pinter menyeimbangkan antara hukum agama dan hukum negara, jangan paksakan kehendak anda.

Nurulhaq said...

..Ahli rohani dapat menggunakan hujah akal untuk menguatkan hujah kerohanian...Tapi ahli fikir atau filasuf tidak dapat menggunakan hujah kerohanian untuk menguatkan hujah akal-nya...

Anonymous said...

Ahli fikir atau filsuf memang bukan orang yang menghujah, tetapi orang yang yang melihat antara kenyataan dengan kerohanian ( tolong sebutkan ahli fikir atau filsuf yang pernah membuat kerusuhan di bumi ini. ada ??

Ahli rohani yang membuat rusuh ?? Banyaaaakkkkk...contohnya ?? cari sendiri....

M.Mubarrack said...

“Hai Nabi, bertakwalah kepada Allah dan janganlah menuruti (keinginan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui [33:1]

“janganlah menuruti (keinginan) orang-orang kafir “. Mungkin ini harus dijabarkan lagi.

Sekedar bercerita.
Sekitar tahun 1999-2001, saya menjadi Deputy Junior salah satu oil company yang dimiliki salah satu investor dari Eropa, pada waktu itu masih dalam masa pembangunan explorasi, yang sekarang dimiliki oleh investor dari salah satu negara asia.
Seorang direktur perusahaan tersebut, orang asing non islam. Selama dia memimpin dan saya saksikan sendiri di lokasi camp dan proyek, kegiatan sosial dia untuk masyarakat sekitar adalah, membangunkan masyarakat sebuah mesjid karena tidak terdapat disana, adapun hanya surau yang kondisinya ( Masya Allah ) ….ikut aktif partisipasi kegiatan sosial bila ada kesempatan, bahkan tidak jarang ikut yasinan bila ada warga yang meninggal atau selamatan lainnya, tentunya hanya duduk saja, sampai acara selesai, menyekolahkan anak anak warga sekitar yang tidak mampu, membiayai pelayanan kesehatan dengan mendatang tenaga medis dari kota. Itu dia lakukan dengan biaya pribadi, dan tidak ada hubungannya dengan perusahaan, kecuali setiap malam memberi aliran listrik ke balai desa dan sarana ibadah yang merupakan bantuan perusahaan ke warga sekitar.
Tidak sedikitpun embel embel keagamaan yang dibawanya. Murni menolong !!
KEINGINAN si kafir tersebut, hanyalah ingin meringankan beban sesama.
Makanya diatas saya katakan, keinginan kafir yang bagaimana ?

Kafir kah orang tersebut bagi anda ? Barangkali. Masuk nerakakah si kafir tersebut ?? Itu rahasia Allah…Jangan memfonis orang !! Allah mempunyai Alif laam mim, Alif laam raa, yaasin yang arti dan rahasianya hanya Allah saja yang tahu

Secara agama BARANGKALI orang tersebut tetap saja masuk neraka, karena kafir kok. Secara LOGIKA, aku meragukan orang tersebut masuk neraka .

Saya seorang Islam, yang berusaha menjalan semua perintah agama saya, saya terbuka dengan semua orang, semua golongan, semua ras.

Saya termasuk orang yang merasa miris, melihat ada orang dari dari kelompok satu yang BERJIHAD membantu sesamanya dari kelompok lain. Sementara anggota lain dari kelompok tersebut hanya nonton dan hanya bisa prihatin ( katanya), namun tidak mau dan bisa berbuat apa-apa . Sementara orang yang sudah berbuat tersebut tetap saja diberi gelar KAFIR !!! Menggenaskan !!!

Kalau mau “ribut” soal gini, masuk saja ke forum closed user groups….. jangan open user groups, sehingga unjuk ketololan dan unjuk merasa paling benar tidak menjadi tontonan bagi kelompok lain.

ummu nabil said...

"Hasbunallah wa ni'mal wakiil, ni'mal maulaa wa ni'mannasyiir...."

Anonymous said...

Lafaz diatas, bagus tuh dan baik dijadikan pedoman, tetapi kok tidak matching dengan topik. Dan kita memang harus berpedoman bahwa Hanya Allah lah yang menjadi penolong, tetapi orang bagaimanakah yang layak mendapat pertolongan Allah ?

Kalau dari topik diatas, si kafir sepertinya lebih layak dapat pertolongan, karena berbuat sesuatu yang nyata..

Tulisan anda cukup menarik Mr.Mubarrack, dan seperti itulah kondisi yang terjadi.

Nurulhaq said...

Mencari kebenaran adalah wajib

Ia merupakan aset yang paling berharga di dua negara

Di negara yang sementara waktu dan negara yang kekal abadi

Kebenaran itu hanya satu

Tidak ada dua, tidak ada tiga dan seterusnya ...

Kebenaran itu hanya yang datang dari Allah Taala yang menjadikan manusia

Kebenaran ialah kejayaan yang paling besar lagi agung

Ia merupakan kebahagiaan di dunia dan di Akhirat

Kebenaran itu satu jalan yang bersifat rohani dan maknawi

Tapi buahnya dapat dilihat di dalam kehidupan yang sangat indah

Carilah kebenaran itu, jika dapat perjuangkanlah

Kalaulah kebenaran itu di atas gunung, dakilah

Jika di dalam laut, selamlah

Sekiranya di dalam bumi, galilah

Kalau didapati di dalam hutan, terokalah

Mencari kebenaran itu amat susah dan sulit

Memperjuangkan amat pahit tapi di hujungnya manis

Di dalam perjalanannya terseksa, tapi kesudahannya bahagia

Jika kebenaran sudah didapati pertahankanlah bermati-matian

Dengan harta, tenaga dan jiwa

Peganglah kebenaran itu, jangan sampai terlepas

Sekalipun panas

Lawalata said...

Tambahan buat tulisan diatas :
Disadur dari : majalahkawansejati.

Wajib itu tampilkan, hak cipta orang lain

Anonymous said...

Nih : http://www.detikhot.com/index.php/detik.read/tahun/2008/bulan/06/tgl/27/time/082339/idnews/963240/idkanal/230

SI KAFIR Angelina Jolie dan SI KAFIR Brad Pitt.

yang bukan kafir tindakan nyatanya apa ?? Changcrut doang ?

Ummu Nabil said...

Salam'alaykum Ikhwafillah Rahimakumullah..
Jazakumullah Khairan Katsiro atas segala commentnya yg telah di add di blog saya, alhamdulillah..smg perbedaan dialog ini kita jadikan sbg lahan sharing dan ukhuwah sesama saudara muslim, dan semoga menambah erat tali silaturrahim kita dikemudian hari.
many thank u utk akhi Nurul Haq atas sgl pandangannya, dan juga akhi 'anonymous' yang juga sama baiknya memberikan masukan dan pandangannya, juga Kanda Mubarrak : " weeh udah balik dr Beijing gk ada ceritanya nih, gmn holiday? mujahadah seneng dong yah? skrg kbrnya lagi urusan bisnis ke Paris....jgn lama2 yak, bawain ole2, ekekekek..."
and to all....sekali lagi terima kasih, ini semua membuat saya termotivasi utk bnyk belajar, membaca dan lbh rajin lg menulis karya. sekali lagi, tulisan2 saya ini hny sebuah lahan sharing 'ilmu' yag ada di otak saya utk saya tuangkan ke dlm blog saya, tanpa sedikitpun bermaksud menyakiti org lain ataupun menyinggung perasaan org lain.
Semoga Allah mengampuni sgl khilaf kata dan perilaku saya.

Wassalamu'alaykum...

Anonymous said...

Scan on Our Risqu‚ Prices at www.Pharmashack.com, The Unrivalled [b][url=http://www.pharmashack.com]Online Apothecary's [/url][/b] To [url=http://www.pharmashack.com]Buy Viagra[/url] Online ! You Can also See In the chips Deals When You [url=http://www.pharmashack.com/en/item/cialis.html]Buy Cialis[/url] and When You You [url=http://www.pharmashack.com/en/item/levitra.html]Buy Levitra[/url] Online. We Also Veer a Fervent Generic [url=http://www.pharmashack.com/en/item/phentermine.html]Phentermine[/url] Recompense the on pungency of Your Regimen ! We Hawk Merchandising succeed [url=http://www.pharmashack.com/en/item/viagra.html]Viagra[/url] and Also [url=http://www.pharmashack.com/en/item/generic_viagra.html]Generic Viagra[/url] !

Anonymous said...

Hi Guys,Just registered here and looking to have a great time. I am looking for the best cash gifting program out there in the internet. Can you guide me?

Below are some sites that I found and I am not sure how much they are going to help me.
[url=http://www.squidoo.com/Residual-Cash-Forever-Cash-Gifting-System]cash gifting[/url]
[url=http://www.squidoo.com/Residual-Cash-Forever-Cash-Gifting-System]join cash gifting[/url]
[url=http://www.squidoo.com/Residual-Cash-Forever-Cash-Gifting-System]best cash gifting program[/url]

Anonymous said...

It isn't hard at all to start making money online in the underground world of [URL=http://www.www.blackhatmoneymaker.com]blackhat ebook[/URL], It's not a big surprise if you have no clue about blackhat marketing. Blackhat marketing uses alternative or not-so-known ways to generate an income online.

Anonymous said...

top [url=http://www.001casino.com/]casino games[/url] check the latest [url=http://www.realcazinoz.com/]free casino[/url] manumitted no store hand-out at the foremost [url=http://www.baywatchcasino.com/]baywatchcasino
[/url].